Sosialisasi Mekanisme Penyusunan Skripsi T.A 2022/2023 dan Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa Semester VIII STMIK Royal

 


Sosialisasi Mekanisme Penyusunan Skripsi T.A 2022/2023 dan Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa Semester VIII STMIK Royal

STMIK Royal – STMIK Royal telah melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Mekanisme Penyusunan Skripsi T.A 2022/2023 dan Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa Semester VIII STMIK Royal yang dilaksanakan di Aula Kampus 2 STMIK Royal pada Rabu, 15 Februari 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi dan Sistem Komputer dan dibuka langsung oleh bimbingan dan arahan dari Ketua STMIK Royal, Ibu Wan Mariatul Kifti, S.E., M.M yang memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh mahasiswa.

“Selalu semangat dan jangan menyerah untuk seluruh mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Yang harus diingat adalah deadline penyelesaian skripsi pada bulan Agustus 2023,” ujar Ketua STMIK Royal.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua 1 STMIK Royal, Ibu Rizky Fauziah, M.Ikom., M.Kom juga menyampaikan perihal jalur kelulusan yang ada di STMIK Royal.

“Kampus sudah memberikan pilihan jalur kelulusan untuk mahasiswa mulai dari Jalur Reguler, Implementasi, Publikasi Jurnal SINTA 3, MBKM, dan Prestasi PKM,” sambung Wakil Ketua 1 STMIK Royal

Dilanjutkan dengan pemaparan materi penyusunan skripsi oleh masing masing program studi. Dimulai dengan Program Studi Sistem Informasi yang dibawakan langsung oleh Bapak William Ramdhan, M.Kom selaku Kepala Prodi Sistem Informasi.

“Pelaksanaan sosialisasi mekanisme skripsi bertujuan agar seluruh mahasiswa paham bagaimana teknis skripsi dari awal hingga akhir dan mengetahui tema skripsi apa saja yang bisa dipilih,” ujar Kepala Prodi Sistem Informasi

Tidak berbeda jauh, Kepala Prodi Sistem Komputer, Bapak Herman Saputra, M.Kom juga menyampaikan bahwasannya mahasiwa harus paham bagaimana teknis pengajuan judul dan jalur kelulusan.

“Untuk mahasiswa Sistem Komputer ada 4 tema yang dapat dipilih, di antaranya Internet of Thing, Networking, Robotic, dan Smart System And Otomasi. Dimana seluruh mahasiswa harus paham bagaimana prosedur dalam mengajukan judul skripsi, dan alur dalam pemilihan jalur kelulusan,” Ujar Kepala Prodi Sistem Komputer

Ketua LPPM STMIK Royal, Bapak Muhammad Ardiansyah Sembiring, M.Kom juga memberikan pemaparan perihal Publikasi Jurnal SINTA 3 kepada seluruh mahasiswa agar mereka dapat membuat dan mempublish artikel yang dibuat sesuai dengan jurnal SINTA 3 yang dituju.

“Harapan STMIK Royal dengan adanya jalur jurnal ini, mahasiswa dapat memperhatikan beberapa hal sebelum publis jurnal SINTA 3, meliputi DOI, OJS, Reviewer, dan akreditasi SINTA tersebut serta dapat melakukan publish jurnal secara mandiri,” kata Ketua LPPM STMIK Royal.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pemaparen materi dari Wakil Ketua 3, Bapak Sudarmin, M.Kom yang menyampaikan tentang pentingnya sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa.

“Mahasiswa dapat mengikuti sertifikasi kompetensi di kampus karena STMIK Royal telah bekerja sama dengan LSP Informatika untuk mendirikan Tempat Uji Kompetensi Mandiri di Kampus. Sertifikasi Kompetensi penting untuk mahasiswa agar dapat menunjang keterampilan. Ada 4 skema kompetensi yang bisa diikuti, di antaranya Junior Web Developer, Junior Grafis Desainer, Junior Network Administrator, dan Senior Office Operator,” Ujar Wakil Ketua 3

Semoga dengan kegiatan ini, seluruh mahasiswa akhir STMIK Royal dapat menyusun skripsi sesuai dengan panduan dan tepat waktu.

Media dan Informasi STMIK Royal, melaporkan

Posting Komentar

0 Komentar